Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Cerita Orang Pejinggahan Tentang Batu Kerbau

Cerita Orang Pejinggahan Tentang Batu Kerbau

Posted by Media Bawean on Senin, 23 Juni 2008

Media Bawean, 23 Juni 2008

Ditulis oleh: Zaini bin Sairi Pejinggahan.
Pada suatu ketika dahulu semua orang Bawean pasti teringin untuk berkunjung ke batu kerbau (batu sarapong) yang terletak di laut Kampung Pejinggahan. Apa tidaknya, karena batu tersebut banyak cerita misterinya.
Pada tahun 70-han ada seorang yang coba untuk mendirikan (pecat) di batu tersebut, setelah pecat itu didirikan Kampung Pejinggahan ketika itu kurang aman, karena penduduk di kampung tersebut banyak yang diserang penyakit malaria. Dan kebanyakan orang yang diserang penyakit tersebut hingga membawa mati. Sampai dua hingga tiga dalam waktu sehari ada orang meninggal dunia di Kampung Pejinggahan disebabkan penyakit malaria.
Semua orang kampung jadi bingung, karena penyakit malaria yang amat teruk hanya terjadi di Kampung Pejinggahan. Bapak dukun, ahli nujum, dan pak Kiai masing-masing bingung, mencari jawapan!! …… akhirnya maka datanglah mimpi kepada seseorang, yang mana mimpi tersebut, menyuruh untuk merobohkan pecat yang didirikan di batu kerbau itu. Selesai saja pecat itu dirobohkan maka penyakit malaria tiba-tiba hilang dari Kampung Pejinggahan. Dan kebanyakan orang yang sakit dikena malaria beransur pulih.
Kenapa orang sebut batu kerbau itu batu sarapong???
Ceritanya begini!!!
Waktu dulu batu kerbau itu ada kejadian ajaib, yang mana saya sendiri pernah melihat kejadian itu. Kalau musim angin timur dengan jelas telihat, ada sebuah batu yang terapong disebelah barat, dan kalau musim barat pula batu tersebut terapong disebela timur. Atas sebab itulah kemungkinan batu itu disebut batu sarapong, kerana perkataan tersebut hampir sama bunyinya dengan perkataan terapong. Namun kini batu tersebut telah hilang berpinda kesatu tempat, sampai sekarang tidak temukan tempatnya.

SHARE :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean