bawean ad network
pemilu
bank jatim
TERKINIindex

Media Bawean Bersama Moch. Kholil (Ahli Falak)Menampilkan Jadwa Shalat Untuk Daerah Bawean

Media Bawean, 11 Agustus 2010

Moch. Kholil (43 th.) adalah ahli falak asal Pulau Bawean, kemarin (10/8) ketika prosesi pelaksanaan Rukyatul Hilal di Prapat Tunggal, beliau tampil digarda terdepan bersama Kepala KUA Sangkapura dengan Pengadilan Agama (PA) Bawean.

Ditemui Media Bawean, malam ini (11/8) dirumahnya, Moch. Kholil mengakui bahwa ketika belajar di Pondok Pesantren banyak belajar ilmu falak, sehingga sedikit banyak memahaminya. Selain hasil belajar di Pondok Pesantren, Moch. Kholil seringkali mengikuti diklat tingkat Jawa Timur tentang ilmu falak atau hisab, termasuk menjadi guru pengajar ilmu falak di Pondok Pesantren Hasan Jufri Lebak.

Belajar ilmu falak menurut Moch. Kholil termasuk kategori belajar ilmu hitung, sehingga dibutuhkan keahlian khusus dibidang ilmu matematika, termasuk ilmu geografi. "Jika tidak memiliki keahlian dalam menghitung, kesulitannya dibidang kosmografinya," katanya.

Untuk kalangan sendiri Moch. Kholil membuat jadwal shalat lengkap untuk daerah Pulau Bawean. "Saya membuat jadwal shalat untuk daerah Pulau Bawean dengan menggunakan program program Badan Hisab Rukyat (BHR) Jawa Timur, sedangkan data diambil dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pulau Bawean,"ujarnya

"Setelah melalui proses pembuktian, seperti kemarin pada waktu rukyatul hilal di Prapat Tunggal Dekatagung, ternyata hasilnya sangat tepat dan benar,"terangnya

Moch. Kholil membuat jadwal shalat untuk daerah Pulau Bawean dalam dua versi, yaitu waktu Istiwak dan Waktu Indonesia Bawean. Alasan membuat waktu Istiwak, menurutnya, "Orang Bawean sudah terbiasa menggunakan waktu istiwak, sehingga tertarik untuk membuat jadwal shalat lengkap daerah Pulau Bawean dengan menggunakan waktu istiwak. Waktu istiwak bukan hanya dipakai di Pulau Bawean saja, tetapi international yang memakainya. Istiwak yaitu saat matahari berada dikulminasi atas tepat jam 12 siang, kalau WIB. tidak tentu, tergantung kepada pergeseran matahari di utara atau selatan,"jelas Moch. Kholil.

Media Bawean selama bulan suci ramadhan menampilkan jadwal shalat lengkap untuk daerah Pulau Bawean dengan sumber data Moch. Kholil. Letaknya dibagian atas kanan. (bst)
Share this Article on :

0 comments:

Poskan Komentar

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.