bawean ad network
pemilu
bank jatim
TERKINIindex

Dinas Pariwisata Gresik
Kembangkan Wisata Bawean

Media Bawean, 21 Desember 2011


Pesona Wisata Pulau Bawean Tidak Kalah dengan Pulau Bali
OBYEK WISATA DI PULAU BAWEAN
1. Air Panas Sangkapura (Sawahmuya + Sungairujing)
2. Air Panas Kepuh
3. Danau Kastoba
4. Air Tejun Laccar
5. Air Terjun Kuduk-Kuduk
6. Makam Cokrokusumo
7. Makam Porbonegero
8. Makam Umar Mas’ud
9. Makam Waliyah Zaenab
10. Makam Panjang + Pantai Tinggen
11. Pantai Labuhan
12. Tajung Ga’ang
13. Pantai Nyimas
15. Pantai Pulau Selayar (Terosan, Polo Asem, Nuko)
16. Pulau Gili & Pulau Noko (Sidogedungbatu)
17. Kebun Salak (Penangkaran Rusa Bawean)
18. Pasanggrahan (dermaga lama, dan penangkal ombak)
19. Pulau China


INGIN liburan yang asyik dan menarik di Kabupaten Gresik, coba saja berlayar ke Pulau Bawean. Di pulau yang berjarak 81 mil laut dan ditempuh 3 jam pelayaran kapal cepat ini akan ditemukan puluhan obyek wisata yang menarik, eksotis, dan berkesan. Ini pula yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olah Raga menjadikan Bawean sebagai daerah tujuan wisata sekelas Pulau Dewata.

Saat ini pemerintah sedang meningkatkan akses transportasi menuju Pulau Bawean. Kini tidak perlu berlama-lama di laut untuk sampai di Pulau Bawean. Cukup 3 jam berlayar bersama KM Ekspres Bahari 1C, wisatawan akan mendapat suguhan pesona pulau yang dikenal memiliki karang laut sekelas Bunaken, Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Olah Raga Gresik, Siswadi menyebutkan, akses menuju Bawean akan semakin mudah tahun depan. Itu setelah pemerintah menyelesaikan pembangunan lapangan terbang Bawean di Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak.

“Nantinya wisatawan yang akan menikmati eksotisme Pulau Bawean cukup terbang dari Juanda sekitar 30 menit langsung sampai. Ini akan semakin mempermudah wisatawan datang ke Bawean. Di sana kami sudah menyiapkan sarana pendukung di lokasi wisata baik penginapan, guide, kuliner, cinderamata. Termasuk makanan maupun souvenir khas Bawean,” kata Siswadi.

Beberapa kawasan wisata yang ditawarkan dan menjadi andalan di antaranya Danau Kastoba. Danau Kastoba sebagai salah satu obyek wisata paling ramai dikunjungi warga Pulau Bawean. Mengapa ramai dikunjungi? Sebab danau Kastoba adalah obyek wisata paling menarik di Pulau Bawean, karena keindahan alamnya.

Selain wisata alam dengan danau yang indah dan pemandangan sekitarnya yang sejuk, di Danau Kastoba wisatawan bisa mandi dan menikmati makan-makan bersama keluarga.

Obyek wisata lainnya, sebagai tempat berlibur di antaranya obyek wisata Jherat Lanjang, di Desa Lebak. Untuk menarik pengunjung, pada beberapa waktu tertentu diadakan lomba dayung dan layang-layang. Termasuk penangkaran rusa Bawean di kebun salak, juga ramai dikunjungi wisatawan. Sedangkan pengunjung obyek wisata air terjun menurun, sehubungan berkurangnya air di musim kemarau.

Lapangan terbang (lapter) di Tanjungori, Tambak, juga ramai dikunjungi warga yang ingin melihat lebih dekat pembangunan bandara di Pulau Bawean. Untuk pengembangan wisata di Pulau Bawean agar lebih realistis, maka ada beberapa obyek yang dijadikan dalam satu kawasan, seperti Obyek Wisata Pulau Selayar, dengan Terosan, Polo Asem (Beto Elong), dan Pulau Nuko.

“Sesuai harapan Bapak Gubernur Jawa Timur Soekarwo, untuk menjadikan Pulau Bawean sebagai ikon pariwisata di Jawa Timur atau Bali-nya Jawa Timur, maka langkah kami mengimplementasikan dengan membangun dua tempat obyek wisata. Masing-masing Makam Panjang dan Pulau Selayar dengan membangun sarana dan prasarana. Termasuk nantinya akan dibangunkafe, dipersiapkan permainan untuk anak-anak dan jukung,” terang Suhaemi.

Kedepan, menurut Suhaemi akan menggali seluruh obyek wisata termasuk budaya untuk dikembangkan demi kemajuan Pulau Bawean.

“Sampai kapan akan maju, bila tidak kreatif mengembangkan potensi yang ada,” jelas Siswadi.(ris/adv/no)

Sumber : Radar Surabaya, 21 Des 2011
Berita Kiriman : Ajib Ghufron
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.