bawean ad network
iklan
bank jatim
TERKINIindex

‎Bakti Sosial BES Islamiyah
Jelang Lomba Desa di Tanjungori

Media Bawean, 26 Maret 2012

Lomba Menulis Berita & Opini Tahun 2012
Kategori Pelajar

Nama Penulis : Hikmatul Balighah
Nama Sekolah : SMANU Islamiyah Bawean
Kelas: XI-IA

A. Bakti Sosial BES Islamiyah Bawean

Tahun 2012 ini Desa Tanjung Ori adalah desa yang mewaklii Kecamatan Tambak dalam Lomba Desa se-Pemkab Gresik. Banyak persiapan yang telah dilakukan oleh Kepala Desa beserta warganya. Keinginan untuk menjadi "Desa Juara" tentu menjadi dambaan para peserta lomba, tak terkecuali Pemerintahan Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Untuk itulah partisipasi warga sangat diharapkan..
 
Keinginan Kepala Desa itu tidak hanya direspon oleh warganya, tetapi warga lain pun ikut berpartisipasi. Misalnya, Minggu pagi yang lalu,18 Maret 2012, seluruh anggota KORPRI Kecamatan Tambak bersama-sama dengan waga desa ikut ambil bagian dalam kegiatan "bersih-bersih" lingkungan desa. Minggu ini, 25 Maret 2012, giliran siswa. SMPNU-SMANU Islamiyah Bawean yang tergabung dalam Badan Eksekutif Siswa (BES) Islamiyah Bawean yang berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial. Selain melakukan "bersih-bersih" lingkungan desa, para siswa juga membantu perbaikan pipa air bersih warga yang bocor, dan menyelesaikan.sebagian data administrasi yang belum selesai. Bakti sosial dimulai pukul 06.00 sampai 09.00. jSejak am`05.30, siswa berangkat jalan santai 'bareng' bersama guru dari sekolah menuju Balai Desa Tanjung Ori yang berjarak kira-kira 800m. Kedatangan para siswa dan guru itu disambut baik dan gembira oleh kepala desa, perangkat desa, dan ibu-ibu anggota PKK Desa Tanjung Ori. Tepat pukul 06.00 acara kerja bakti sosial dimulai.


Keteladanan memang diperlukan dalam berbagai bidang. Hal ini terbukti pada acara kerja bakti sosial kemarin. Antusias kerja para siswa terpacu, karena keteladanan para tokohnya. Di lokasi, tempat kerja terlihat Pak Camat Tambak Suropadi,S.Pd.,M.M. yang juga sebagai warga Dusun Pagherangan, Desa Tanjung Ori rajin membersihkan rumput dengan sapu lidi panjangnya. Begitu juga Pak Sekcam Tambak, Abdul Adim,S.Pd.,M.M., yang juga sebagai Kepala SMANU Islamiyah Bawean terlihat rajin mendorong gerobak sorong yang berisi tumpukan sampah. Tidak ketinggalan, Pak Kades Tanjung Ori, Ilham Syifa' terlihat sibuk memberi aba-aba dalam memimpin jalannya kerja bakti sosial hari itu.

Mengapa anggota BES Islamiyah mau bekerja bakti sosial di Desa Tanjung Ori?
"Setiap Minggu pagi kami punya acara olahraga di halaman sekolah dan setelah itu dilanjutkan dengan acara jalan santai di sekitar Jalan Raya Tambak. Pak Ilham Syifa', Kades Tanjung Ori itu adalah alumni SMA Islamiyah, lulusan tahun 1995, yang ketika masih menjadi siswa beliau menjadi Ketua OSIS SMA Islamiyah Bawean. Kami akan ikut bangga juga jika kelak Desa Tanjung Ori meraih juara dalam Lomba Desa Pemkab Gresik tahun 2012 ini.  Apa yang kami kerjakan ini adalah hasil musyawarah Pengurus BES, " ujar Yus Yunus,Ketua BES SMANU Islamiyah Bawean.

"Saya sangat salut dan mengucapkan terimakasih kepada para siswa Islamiyah yang telah ikut berpartisipasi dalam persiapan Lomba Desa bagi Desa Tanjung Ori. Semoga kerja anak-anak Islamiyah berbuah manis," kata Suropadi, S.Pd.,M.M.,Camat Tambak yang beberapa bulan yang lalu merangkap jabatan sebagai Plt.  Camat Sangkapura.

"Ilham Syifak dalam sambutannya, mengucapkan,  "Terimakasih, terimakasih, teriimaksih"katanya. Saya tidak menyangka jika adik-adik dari Badan Eksekutif Siswa Islamiyah akan punya kepedulian yang sangat tinggi kepada alumninya. Kalian jangan merasa asing berada di sini. karena di Desa Tanjung Ori ini sudah ratusan orang yang menjadi alumni SMP-SMA Islamiyah yang berdiri sejak tahun 1968, Saya mohon maaf, karena kesibukan saya, akhir-akhir ini saya jarang bertandang ke Islamiyah. 

Sebagai alumni, saya selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan sekolah saya. Eh, ternyata adik-adik kelas saya, guru- guru saya masih ingat saya, masih ingat alumninya. Hari ini saya merasa terharu. Andai waktu bisa diputar kembali, rasanya saya ingin muda lagi,  dan bersekolah lagi menjadi murid SMA. Saya ingin belajar matematika kepada Pak Husni yang selalu serius dalam mengajarnya. Saya ingin belajar ilmu Kewarganegaraan kepada Pak H. Hari Supranoto yang biasa menggantikan peran guru olahraga yang sering berhalangan. Saya ingin belajar Bahasa Indonesia baku kepada Pak H, Khaliq agar saya lancar berpidato dan tidak salah dalam menulis surat dinas. Banyak ilmu tentang bermasyarakat, berbangsa .dan bernegara yang saya peroleh di Islamiyah. Banyak kenangan di sekolah ini, padahal waktu itu jumlah guru tidak selengkap sekarang.

Saya jadi teringat petuah Bpk. Mohammad Sueb,seorang guru yang paling banyak berjasa di Islamiyah, yang mengatakan bahwa apakah sekolah itu baik atau tidak. salah satu indikatornya dapat dilihat dari kiprah lulusannya di tengah-tengah masyarakatnya," kenang Pak Ilham Syifa' yang lulusan Pascasarjana Sosiologi, Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan nada terharu.

" Silakan kalian bekerja sesuai dengan rencana, ikuti aba-aba komando ketua regumu, jangan ada yang terlihat menganggur, dan hati-hati menggunakan alat kerja yang kalian bawa! Jika ada masalah, laporkan kepada ketua regumu! Perlu Anda ketahui bahwa akhir-akhir ini, menurut berita di televisi, di Surabaya. sudah ada semacam wabah binatang yang sangat membahayakan, yaitu "tomcat". Anda sudah dengarkan? Jika di antara kalian ada yang kebetulan menjumpai binatang itu, maka Anda jangan bertindak sendiri! Segera laporkan kepada ketua regumu atau Anda melaporkannya kepada guru pembina!" nasihat Pak Abdul Adim, kepala sekolah, pada acara pengarahan sesaat sebelum mereka berangkat ke Balai Desa Tanjung Ori.

B. Rencana Penilaian
Menurut rencana, penilaian Lomba Desa di Desa Tanjung Ori ini akan dilaksanakan pada minggu pertama April 2012 oleh Tim Penilai dari Pemkab Gresik.

Dapatkah Desa Tanjung Ori menjadi Juara I dalam Lomba Desa Pemkab Gresik tahun 2012? Hal ini mengingat bahwa sejak digelarnya Lomba Desa di Pemkab Gresik selama ini tidak satu pun perwakilan desa asal Pulau Bawean yang dapat anugerah Juara I.

Perlu diketahui prestasi Lomba Desa tingkat Kabupaten Gresik yang diraih Kecamatan Sangkapura sebagai berikut. Tahun 2008 berhasil sebagai juara II Desa Gunungteguh, tahun 2009 berhasil sebagai juara harapan I Desa Kebuntelukdalam dan tahun 2010 berhasil sebagai juara II Desa Sawahmulya (Media Bawean, 14 Mei 2010). Sementara desa peserta lomba yang berasal dari Kecamatan Tambak belum ada yang meraih gelar. Mari kita tunggu hasilnya!
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.