bawean ad network
iklan
bank jatim
TERKINIindex

Festival Seni Tradisi Islami di Bawean
Hadrah Kercengan Tampil Semarak

Media Bawean, 23 Juni 2012 


Festival Sebni Tradisi Islami Kabupaten Gresik tahun 2012 untuk wilayah Pulau Bawean dalam kategori Hadrah Tradisi Gresikan diselenggarakan hari jum'at malam minggu (22/6/2012), bertempat di Alon-Alon kota Sangkapura. Sebelumnya ditempat yang sama telah digelar festival samroh (rabu malam kamis, 20/5/2012).

Rencananya festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISBUDPARPORA) Kabupaten Gresik, pada malam terakhir (penutupan) akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Gresik bersama rombongan, sehubungan kondisi cuaca buruk sehingga memutuskan jalur transportasi Gresik - Bawean.

Dimalam penutupan, hadir Muspika kecamatan Sangkapura, kepala instansi UPT se-kecamatan Sangkapura dan warga Pulau Bawean dari berbagai daerah untuk menonton kesenian khas yaitu kercengan.

Dewan juri dalam pelaksanaan Festival Seni Tradisi Islami Kabupaten Gresik 2012, yaitu Muhammad Zaini sebagai pengajar di SMKN 9 Surabaya, Hari Irawan sebagai Dosen di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW), Achmad Fathoni sebagai tenaga pengajar di SMAN 21 Surabaya.

Muhammad Zaini sebagai perwakilan dewan juri dalam sambutannya menyampaikan sangat terharu atas penampilan group kercengan diatas panggung. Catatan dewan juri, diantaranya pamain musik dan kodrat belum menunjukkan ekpresi yang ceria atau auranya masih kurang, yang membawakan kodrat tidak harus mengikuti rmusik, vokal antara laki-laki dan perempuan harus beraturan.

Hasil festival sesuai keputusan dewan juri yang berasal dari Surabaya telah menetapkan desa Sungairujing sebagai juara pertama dengan jumlah nilai 2.540, juara kedua ditetapkan desa Patarselamat dengan nilai 2.472, dan juara ketiga diperoleh desa Gunungteguh dengan nilai 2.430.

Atas prestasi yang diraih 3 group kercengan, yaitu desa Sungairujing, desa Patarselamat, dan desa Gunungteguh akan mewakili wilayah Pulau Bawean dalam Festival Seni Tradisi Islami kategori Hadrah/ Kercengan ditingkat Kabupaten di Gresik.

Setelah pengumuman pemenang festival kercengan, dilanjutkan pembagian hadiah oleh perwakilan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISBUDPARPORA) Kabupaten Gresik, dan Muspika kecamatan Sangkapura kepada pemenang festival samroh dan hadrah musik trandisi islami kabupaten Gresik tahun 2012.  (bst)
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.