bawean ad network
pemilu
bank jatim
TERKINIindex

Ketentuan Zakat Fitrah Tahun 2012
Keputusan BAZ Kec. Sangkapura

Media Bawean, 30 Juli 2012 



Badan Amil Zakat (BAZ) kecamatan Sangkapura mengadakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh semua Unit Pengelola Zakat (UPZ) Dusun, UPZ Desa dan UPZ Instansi seluruh kecamatan Sangkapura pada tanggal 15 Juli 2012 bertempat di Pendopo Kecamatan Sangkapura. 

Ketua Badan Pelaksana BAZ Kecamatan Sangkapura, M.Masykur dalam kata sambutannya mengatakan bahwa “Rapat Koordinasi BAZ Kecamatan Sangkapura ini dilaksanakan untuk mengevaluasi Kinerja Pengurus BAZ selama Periode Januari s/d Juli 2012, dan untuk menentukan Zakat Fitrah dan Nilai Nisab Emas Murni untuk Zakat Emas dan Zakat Perdagangan”. 

Dengan dihasilkannya kesepakatan bersama dalam Rapat Koordinasi ini maka semua Pengurus UPZ Dusun,UPZ Desa dan UPZ Instansi di Kecamatan Sangkapura dalam melayani Zakat Fitrah dan Zakat Mal th 2012 di dusunnya masing-masing dapat berpedoman pada ketentuan tersebut.

Adapun hasil kesepakatan Rapat Koordinasi BAZ Kecamatan, sebagai berikut :

1. Zakat Fitrah tahun 1433 H/ 2012 M dalam bentuk beras = 3 kg, atau senilai uang Rp. 21.000,- (Dua puluh satu ribu rupiah)

2. Zakat Mal = 2,5 % dari Harta ( Emas,Uang,Perdagangan) apabila mencapai 1 haul dan mencapai 1 nisab emasmurni 85 gr senial uang Rp.40.545.000,- ( Empat puluh juta lima ratus empat puluh lima ribu rupiah.).

3. Ketentuan tersebut diatas mengacu pada harga beras per 1 kg = Rp.7.000,- ( Tujuh ribu rupiah) Dan harga emas murni per 1 g =Rp.476.600 ( Empat ratus tujuh puluh Enam ribu Enam ratus rupiah)

4. Apabila terjadi perubahan harga beras dan emas secara signifikan maka akan diadakan pemberitahuan susulan.

Dalam penentuan harga beras dan harga emas murni berdasarkan saran dan tanggapan para peserta rapat yang mengemukakan bahwa dari hasil sorvey pasar harga beras di Desa Daun paling rendah Rp.6.500,- paling tinggi Rp.7.500, Di Pasar Sangkapura harga beras berkisar Rp.7.500,- . Sedang Harga Emas Murni per 15 Juli 2012 = Rp.476,6.

Anggota Dewan Pertimbangan BAZ Kecamatan ,dan Komisi Pengawas BAZ mengusulkan agar dalam mengambil keputusan ketentuan Zakat Fitrah 2012 supaya mengambil harga beras ditengah-tengah dan jumlah beras yang akan dikeluarkan (makanan pokok) mengambil ukuran yang paling banyak. ( mengikuti Mazhab Syafi,ie).

Acara Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Sangkapura ini di hadiri oleh Bapak Camat Sangkapura, Kepala KUA ,Ketua Muslimat NU ,Ketua Muhammadiyah dan tokoh Agama lainnya. Semoga BAZ tetap konsisten dalam mengumpulkan dan menyalurkan Zakat dari orang-orang kaya (Muzakki) untuk orang-orang miskin (Mustahiq) di wilayah kecamatan Sangkapura. (Kiriman M. Shaleh)
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.