bawean ad network
iklan
bank jatim
TERKINIindex

Jadwal Kapal Gresik - Bawean Berubah

Media Bawean, 12 Februari 2013 

Pemerintah Kabupaten Gresik, melakukan penjadwalan ulang pelayaran menuju Pulau Bawean, karena dua operator kapal yang melayani pelayaran di wilayah itu saling "ngotot" dan melakukan penyerobotan jadwal keberangkatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Ir Najib, Senin, mengatakan, penataan ulang jadwal dilakukan dengan cara mengundi jadwal keberangkatan dengan menghadirkan perwakilan kedua operator kapal.

"Ini kita lakukan karena kedua pengusaha kapal sama-sama ngotot dan saling serobot. Oleh karena itu, akhirnya penentuan jadwal pelayaran Gresik-Bawean kita undi saat rapat koordinasi transportasi penyeberangan Gresik-Bawean hari ini," katanya.

Dalam undian itu, dihadirkan Dinas Perhubungan Gresik dan beberapa perwakilan dari otoritas pelabuhan serta dua operator kapal, yakni PT Pelayaran Sakti Makmur yang memiliki kapal Ekspres Bahari IC serta PT Restu Pertiwi Buana yang juga pemilik Tungkal Samudera I.

Sedangkan sesuai hasil undian, pelayaran menuju Pulau Bawean terbagi menjadi dua trayek, yakni trayek I dengan jadwal pelayaran Gresik-Bawean hari Sabtu-Minggu dan Rabu akan dilayani Kapal Tungkal Samudera I.

Untuk trayek II dengan jadwal Gresik-Bawean pada hari Minggu-Selasa serta Kamis, akan dilayani oleh Kapal Ekspres Bahari IC.

"Hasil undian ini akan berlaku pada tanggal 17 Februari 2013. Namun untuk hari ini sampai tanggal 16 Febuari, jadwal lama yang dibuat Dinas Perhubungan masih berlaku," katanya.

Najib menjelaskan, jadwal lama yang dibuat Dinas Perhubungan sempat membuat kesalahpahaman di lapangan, sebab untuk hari Rabu dilayani dua kapal sekaligus.

Menanggapi jadwal baru, wakil dari PT Pelayaran Sakti Makmur yang juga pemiliki kapal Ekspres Bahari IC, Kunto Pratogo mengaku siap mematuhi adanya penetapan jadwal itu.

"Kami siap mematuhi adanya jadwal itu, sehingga tidak ada saling ngotot antar kedua pengusaha kapal," katanya.

Sementara dalam pembagian jadwal baru itu, Pemkab Gresik meminta apabila terjadi cuaca buruk, pihak operator pelayaran wajib membantu mencari alternatif kapal untuk mengupayakan penyeberangan menuju Pulau Bawean.(*)

Sumber : Antara Jatim
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.