bawean ad network
pemilu
bank jatim
TERKINIindex

UN di Pulau Bawean Kacau Balau
Soal Program IPS Tertukar Program IPA

Media Bawean, 18 April 2013 

Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA/MA di Pulau Bawean menuai permasalahan besar dalam pelaksanaan kemarin (rabu, 17/4/2013).

Soal matematika program IPS tertukar dengan program IPA. 

Kesalahan fatal terjadi di MA Himayatul Islam Kebuntelukadalam, setelah pengawas ruang akan membagikan naskah ujian matematika untuk program IPS, ternyata naskah yang diluarnya tertulis program IPS, isinya matematika program IPA.

Kejadian tersebut membuat panik panitia penyelenggara termasuk peserta ujian nasional. Setelah berkoordinasi antara Ketua Sub Rayon dengan Pengawas Satuan Pendidikan (PSP) disepakati, solusinya memfotocopy soal matematika IPS sebagai pengganti naskah yang tertukar.

Jamaluddin sebagai Ketua Sub Rayon 58 ditemui Media Bawean membenarkan adanya kesalahan soal UN di MA Himayatul Islam.

Menurutnya, solusi sesuai kesepakatan bersama Pengawas Satuan Pendidikan (PSP) disepakati soal matematika IPS difoto copy untuk dikerjakan oleh peserta ujian nasional di MA Himayatul Islam. "Hasilnya nanti setelah lembar jawaban terkirim ke pihak terkait, akan dipindah ke lembar jawaban yang asli,"katanya.

Apakah siswa yang mengerjakan soal menggunakan lembaran foto copy dijamin mengikuti Ujian Nasional? "Perlu pengawalan khusus agar hasilnya tidak merugikan kepada peserta ujian,"jawabnya.

"Ini kesalahan pihak percetakan atau pembagian soal, bukan kesalahan pihak penyelenggara atau peserta UN di Pulau Bawean, wajib mendapat pengawalan khusus agar tidak berdampak fatal,"ujarnya.

Hal yang sama terjadi di SMA Islamiyah Tambak, ketika ujian nasional soal matematika program IPS ternyata soal yang sampulnya program IPS tertukar dengan program IPA.

Abdul. Adim sebagai Kepala SMA Islamiyah Tambak, menyatakan kesalahan tertukarnya soal matematika IPS dengan program IPA, bisa teratasi dengan menggunakan soal cadangan.

"Sebanyak 10 peserta UN yang soalnya tertukar dengan program IPA, diganti dengan soal cadangan sebanyak 5 soal dari SMA Islamiyah Tambak dan 5 soal dari MA Mambaul Falah Tambilung,"terangnya. (bst)
Share this Article on :

Terbaru

 

© Copyright Media Bawean 2005 -2013 | Design by Jasa Pembuatan Blog | Support by Kang Salman | Powered by Bawean.Net.