Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » KPRI Nusa Indah Salurkan Zakat di Kawasan Barat Sangkapura

KPRI Nusa Indah Salurkan Zakat di Kawasan Barat Sangkapura

Posted by Media Bawean on Jumat, 12 Juli 2013

Media Bawean, 12 Juli 2013



Hari Selasa, 9 Juli 2013, bertempat di Kantor KPRI Nuda Indah Kec.Sangkapura yang berlokasi di Jalan Wiyatamandala Sangkapura, telah berlangsung penyerahan zakat KPRI Nusa Indah th 2013 sebesar Rp. 29.578.000 dari Hedar S.Ag sebagai Ketua Panitia Zakat KPRI Nusa Indah kepada Ustad M.Masykur sebagai Ketua BAZ Kecamatan Sangkapura. Penghitungan Zakat Usaha KPRI Nusa Indah tahun 2013 tersebut berdasarkan masa usaha koperasi satu tahun Hijriyah, yaitu mulai Ramadan 2033 H s/d. Ramadan 2034 H.

Berdasarkan hasil keputusan rapat panitia Zakat KPRI Nusa Indah th 2013 bersama pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura maka zakat Mal KPRI salurkan kepada 4 (empat) asnaf yaitu :

1. Masakin : Rp. 14.000.000,-
2 .Sabilillah : Rp. 7.000.000,-
3 .Gharimin : Rp. 2.400.000,-
4. Amil + BAZ Kecamatan : Rp. 6.178.000,-
Jumlah : Rp. 29.578.000,-

M.Saleh, selaku ketua KPRI Nusa Indah yang beranggotakan pegawai negeri aktif dan pensiunan se kecamatan Sangkapura tersebut mengemukakan , bahwa penyaluran zakat KPRI th 2013 ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2013 kepada para mustahiq kawasan barat kecamatan Sangkapura yang meliputi 10 desa, diantaranya desa Dekatagung, Suwari, Pudakit Barat, Pudakit Timur, Kumalasa, Lebak, Bululanjang, Sungaiteluk, Patarselamat, Sawahmulya dan Kotakusuma. Sehingga total penerima zakat adalah 140 masakin,70 Sabil, 2 Gharim, 9 amil disamping itu juga ada bagian untuk BAZ Kecamatan Sangkapura. Sedangkan untuk biaya transportasi penyaluran zakat dibebankan pada Dana Sosial Koperasi.

Sebagai UPZ BAZ Kecamatan ,KPRI Nusa Indah selalu menyetorkan seluruh zakatnya kepada BAZ kecamatan tiap tahun, kemudian BAZ Kecamatan dan Panitia Zakat KPRI menyalurkan zakat tersebut secara bersama-sama kepada para mustahiq di desa-desa yang dikemas dengan acara Safari Ramadan ke desa . Selanjutnya Ustadz M.Masykur, selaku ketua BAZ Kecamatan mengemukakan, bahwa penyaluran zakat dalam acara safari ramadan ini sekaligus juga dapat digunakan sebagai acara penyuluhan zakat di desa. yang diharapkan dapat mempengaruhi dan memotivasi para muzakki untuk menyerahkan zakatnya kepada Amil BAZ baik ditingkat dusun, tingkat desa maupun BAZ Kecamatan.

Semoga pengeluaran zakat usaha KPRI Nusa Indah tiap tahun menjadikan Usaha Koperasi semakin lancar aman selamat dan bagi semua anggotanya senantiasa mendapatkan penghasilan rezeki yang lebih banyak dan barakah, demikian harapan dari pengurus KPRI dan Ketua BAZ Kecamatan dalam doanya mengakhiri acara rapat .

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean