Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Maksimalkan Daya Tarik Pariwisata,
Bawean Serpihan Pesona Nusantara

Maksimalkan Daya Tarik Pariwisata,
Bawean Serpihan Pesona Nusantara

Posted by Media Bawean on Senin, 12 Agustus 2013

Media Bawean, 12 Agustus 2013 

Lomba Menulis Opini Dan Artikel 
Kategori : Umum 

Nama : Aen Istianah Afiati 

Alamat :Jl. Sindoro VI No. 6 RT 06 RW 06 
Bandarjo Ungaran Semarang, Jawa Tengah

Pekerjaan : Mahasiswi

E-mail : afiati1993@gmail.com 

Setelah mengintip artikel dan review dari beberapa media online tentang Pulau Bawean, jujur, saya langsung merasa tergiur untuk menyisir langsung eksotika pulau ini ! Bagaimana tidak ? Mungkin, baru pertama kali ini saya mendengar tentang serba-serbi wisata di Pulau Bawean. Namun saya langsung terpukau dan sadar, bahwa Bawean ini merupakan salah satu potensi wisata negeri ini yang luarbiasa. Sayangnya, belum banyak kaki wisatawan domestik maupun mancanegara yang menjamah keindahan pulau ini sampai ke akar-akarnya.

Berbekal koneksi internet dan google, siang ini saya bisa merasakan –walaupun belum secara langsung-, pemandangan menawan dan nuansa hangat yang ditawarkan Pulau Bawean ini. Ditambah dengan kawasan perairan yang mengelilingi segenap sudut pulau, menjadikan kawasan ini –dalam benak saya- sebagai area wisata yang tak terbantahkan indahnya.Berada di antara Pulau Jawa dan Kalimantan, tentunya harus didukung oleh sarana transportasi yang memadai dan memudahkan pengunjung untuk berwisata, khususnya moda transportasi bahari.

Sungguh saya tak bisa membayangkan seperti apa kekaguman yang terdetik bila langsung berwisatadi kawasan ini. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya dikembangkan agar lebih tereksplorasi lagi potensi wisata yang dimiliki Pulau Bawean. Harapan saya, pulau ini nantinya bisa tersulap menjadi one stop paradise dalam kancah pariwisata Indonesia. Mulai dari wisata perairan, wisata alam, wisata budaya, wisata religi, dan sebagainya, suatu hari nanti semua bisa tersedia di sini.

Karena potensi wisata yang cukup tinggi, alangkah baiknya jika Pulau ini dan segenap unsur yang memungkinkan untuk terus dikembangkan, dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Baik dari segi pemerintahan, pengelolaan infrastruktur, transportasi, publikasi, dan sebagainya. Agar kekuatan dari potensi wisata Pulau Bawean seimbang dengan pengelolaan dan pengembangannya sebagai tempat wisata unggulan.

Letak Pulau Bawean saya rasa terbilang cukup strategis di kawasan perairan Laut Jawa.Maka, tak ada salahnya jika pemerintah setempat bekerjasama dengan warga dan pihak-pihak tertentu untuk menyediakan moda transportasi yang memadai. Karena transportasi ini merupakan salah satu infrastruktur yang cukup penting untuk dipertimbangkan dalam pengelolaan suatu objek wisata. Satu hal lagi yang tak kalah penting, pihak pengelola wisata sebaiknya menyediakan pusat informasi khusus untuk pariwisata, seperti di kawasan-kawasan wisata pada umumnya. Sehingga para wisatawan yang memiliki kegandrungan akan kegiatan berwisata, bisa lebih leluasa ketika mencari informasi tentang wisata di Pulau Bawean.

Selain itu, pengelola wisata juga dapat membuat paket-paket wisata atau paket liburan keluarga. Hanya dengan membayar sekian rupiah, para wisatawan sudah bisa menikmati beberapa jenis wisata yang ditawarkan sekaligus, dengan harga yang relatif terjangkau. Tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang hendak menghabiskan liburannya di Pulau Bawean. Alangkah baiknya jika penentuan dan pelayanan paket-paket ini dikelola langsungoleh warga atau pemerintah daerah setempat.

Di era ini, siapapun, termasuk para pelancong cenderung suka melakukan pencarian informasi tentang destinasi liburan melalui internet. Karena mudah, murah, dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Maka, tak ada salahnya melakukan publikasi dan promosi tentang wisata Pulau Bawean melalui media online dan social media, seperti facebook, twitter dan instagram. Saya rasa strategi ini cukup manjur untuk ditunaikan. Karena dengan memposting potensi dan kegiatan wisata di Pulau Bawean melalui media ini, banyak orang dari berbagai daerah yang bisa langsung mengetahui informasinya, juga melihat fotonya. Apalagi hampir semua orang saat ini menjadi pengguna social media.

Satu hal lagi yang bisa jadi cukup membantu. Para pengelola wisata dapat menyediakan dan menjual souvenir yang berkaitan dengan wisata di Pulau Bawean, seperti misalnya ; kaos, gantungan kunci, lukisan, dan pernak-pernik lainnya. Agar para wisatawan yang berkunjung dapat membawa serta buah tangan khas Pulau Bawean untuk diberikan kepada kerabat atau sanak famili. Selain itu, oleh-oleh ini juga memiliki nilai promosi bagi saudara-saudara lainnya yang juga ingin berkunjung. Semoga bermanfaat.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean